Welcome To My Blog

WELCOME TO MY BLOG

Senin, 13 Februari 2012

10 Trik Ampuh Belajar Matematika




Anda susah mengajar Matematika ? Matematika merupakan pelajaran yang menjadi momok menakutkan bagi siswa maupun bagi seorang guru. Lebih dari 70% siswa tidak lulus akibat dari kurangnya pemahaman mereka tentang konsep yang di ajarkan oleh gurunya. Menurut berbagai sumber maupun tokoh pendidikan, matematika merupakan system kerangka berfikir yang sifatnya terarah dan cepat, hal ini dikaitan dengan menanamkan sebuat pemetaan konsep berfikir yang lebih dominan “merelevansi” cara berfikir mereka dengan sebuah materi ajar matematika itu sendiri. Konsep yang perlu dikembangkan adalah konsep berfikir kritis, oleh karena itu guru hendaknya mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis yang sifatnya membangun kecepatan mereka dalam memproses suatu masalah. Seperti “Apakah kamu mau mencoba ini?” “Apa yang akan terjadi jika…. ?” “Apakah kamu dapat …..?” Pertanyaan pertanyaan tersebut merangsang mereka untuk dapat membiasakan cara berfikir kritis tertanam dalam diri mereka. Selain itu pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap ide-ide, konsep, maupun kosakata dalam pelajaran matematika. Berikut beberapa aktifitas yang dapat anda coba praktikan di dalam kelas Anda:


1. Menggunakan Teknik dramatisasi.. Ajaklah murid-murid Anda berpura-pura (berimajinasi) berada di sebuah bola atau kotak (Kubus/Prisma/balok), merasakan sisi-sisinya, rusuk-rusuknya, sudutnya dan mendramakan secara sederhana materi aritmatika seperti: Tiga katak melompat dalam kolam dsb. Pada dasarnya drama akan membuat mereka merasa lebih rileks, merasa lebih memahami tentang apa yang sebenarnya dia pelajari, mudah mengingatkarena “melihat”, “mendengakan” dengan “melakukan” ada didalam sebuah drama.


2. Menggunakan anggota tubuh mereka sebagai objek belajar. Anda dapat mengajak mereka menunjukkan berapa banyak kaki, mata, jari, dan anggota tubuh lainnya, kemudian menjumlahkannya berdasarkan bagian-bagian serta fungsinya, mengalikan dengan seluruh anggota kelas, dan sebagainya. Ketika diminta untuk menampilkan “tiga tangan,” mereka akan menanggapinya dengan protes keras, dan kemudian menunjukkan berapa banyak tangan yang mereka memiliki dan mereka akan membuktikannya dengan menunjukkan bukti tersebut. Kemudian mengajak anak-anak untuk menampilkan nomor dengan menggunakan jari mereka, misalnya dimulai dengan pertanyaaan sederhana, “Berapa usia Kamu?” Siswa akan menunjukan usia mereka dengan menggunakan jumlah jari mereka. Selain itu guru menampilkan angka menggunakan jarinya (misalnya, menampilkan angka lima dengan tiga jari tangan kiri dan dua jari tangan kanan).


3. Menggunakan permainan sebagai strategi belajar. Melibatkan anak-anak bermain
yang memungkinkan mereka untuk melakukan kegiatan matematika dalam berbagai cara, termasuk pengurutan, menciptakan bentuk simetris dan bangunan, membuat pola, dan sebagainya. Kemudian memperkenalkan permainan jual-beli, diskon, keuntungan, persentase, dsb, atau menunjukkan siswa dengan permainan membeli dan menjual mainan atau benda kecil lainnya, belajar menghitung, aritmatika, dan konsep uang. 


4. Menggunakan mainan sebagai media belajar. Mendorong anak-anak untuk menggunakan “adegan” dan beberapa mainan untuk simulasi kejadian nyata yang pernah mereka alami, seperti tiga mobil di jalan, atau misalnya, untuk menunjukkan ada dua monyet di atas pohon dan dua di atas tanah. 


5. Menggunakan cerita atau dongeng sebagai fungsi perangsang. Pada dasarnya siswa SD adalah masih tergolong anak yang suka bercerita dan menceritakan, salah satu teknik yang dapat anda gunakan yaitu dengan menceritakan sebuah dongeng yang didalamnya terdapat konsep hitung matematika. Anda dapat bercerita dengan mengeksprsikan kejadian yang ada dalam donegeng tersebut agar suasana menjadi lebih menarik, diselingi dengan pertanyaan pertanyaan “pancingan” yang sifatnya menumbuhkan konsep berfikir kritis mereka, dan intonasi suara Anda pada saat kondisi kelas kurang terkendali guna mengembalikan konsentrasi mereka terhadap cerita yang ada bacakan. Anda juga dapat memperagakan khususnya pada bagian konsep hitung matematika yang tujuannya untuk memperjelas konsep matematika itu sendiri.


6. Menggunakan kreativitas/potensi alami anak sebagai pondasi belajar. Menggali ide anak tentang matematika harus didiskusikan bersama dengan anak yang bersangkutan. Misalnya Anda menanyakan kepada seorang siswa yang berumur 6 tahun yang menyukai cokelat: “Nak, coba pikirkan angka terbesar yang kamu tahu, lalu tambah angka itu dengan lima. Bayangkan kamu memiliki coklat sejumlah angka itu”. Apa yang akan kamu lakukan ?. Selain berhitung, dia juga dapat belajar bercerita. Atau misalnya lagi, ada siswa kelas 5 yang suka dengan bermain bola. Disaat itu anda sedang mengenalkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulan, Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti ini misanya : “ Nak, kamu kan suka main bola, seandainya hari ini TIM mu kalah 3 kosong di kandang, agar kamu bisa menang, kamu harus minimal berapa kosong nak? Anak yang suka dan gemar dengan bola, dia akan berfikir dan menjawabnya. Setiap anak memiliki kretifitas yang berbeda, 


7. Menggunakan kemampuan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah sebenarnya adalah hal yang utama, karena dasar tujuan utama belajar matematika adalah agar mereka cepat tanggap terhadap masalah mereka sendiri maupun masalah social yang ada dilingkungan mereka. Mendorong mereka untuk menggunakan jari-jari mereka sendiri atau apapun yang mungkin berguna untuk memecahkan masalah. Misalnya anda dapat menyuguhkan sebuah cerita sehari-hari yang menarik dalam sebuah soal matematika.


8. Menggunakan Lingkungan sebagai media. Bawalah matematika dimanapun meraka berada, diluar, di dalam kelas maupun ketika meraka sedang berada didalam rumah, jika wajah-wajah meraka telah jenuh terhadap semua pembelajaran diatas, maka bawalah meraka untuk belajar diluar, seperti dibawah p[ohon atau tempat tempat yang terasa nyaman digunakan untuk belajar, atau sesekali ajaklah guru kelas lain untuk bertukar ruangan barang sehari atau dua hari saja, lakukan ini ketika meraka tampak jenuh saja, anda juga menggunakan apa yang ada lingkungan sekolah sebagai media, dari menghitung jumlah anak-anak di pagi hari, menghitung meja kursi, meminta anak-anak untuk membersihkan barang dengan jumlah tertentu, atau membersihkan barang yang berbentuk geometris tertentu dsb.


9. Menggunakan teknologi. Cobalah Anda sesekali menampilkan sebuah produk teknologi sebagai media pembelajaran, misalnya menggunakan kamera digital untuk memotret hasil kerja anak, permainan dan aktifitas yang mereka lakukan dalah belajar matematika, dan kemudian menggunakan foto untuk diskusi dengan anak-anak, dan komunikasi dengan orang tua. Gunakan juga teknologi lain, seperti komputer dan proyektor.


10. Gunakan assessment untuk mengukur penilaian anak-anak belajar matematika. Assesment sangat penting, anda tidak akan tau bagaimana perkembangan siswa anda dalam pembelajaran yang anda lakukan jika anda tidak membuat asessmen, bentuk assesmen ini dapat anda sesuaikan dengan materi ajar. Misalnya, menggunakan observasi, diskusi dengan anak-anak, dan kelompok-kecil untuk kegiatan belajar anak-anak tentang materi dan berpikir untuk membuat keputusan tentang apa yang mungkin mereka dapat dari pengalaman belajar mereka . Cobalah menggunakan komputer untuk penilaian menggunakan program secara otomatis, seperti EXCEL atau ACCESS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar