Welcome To My Blog

WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 22 Februari 2012

Keutamaan Puasa Sunah Senin & Kamis



Puasa adalah di antara amalan yang mulia. Selain dari sisi kesehatan pun amat baik karena pencernaan akan beristirahat. Puasa senin kamis adalah di antara puasa yang bisa kita rutinkan setiap pekannya. Namun jika kita memilih salah satunya saja, misal puasa Senin saja, itu pun tidak masalah. Yang penting adalah amalan tersebut dirutinkan.
Beberapa keutamaan puasa Senin Kamis secara khusus diterangkan secara khusus dalam tiga dalil berikut.
[Dalil pertama]
Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ
Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)
[Dalil kedua]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihishahih dilihat dari jalur lainnyaLihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1041)
[Dalil ketiga]
Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ibnu Majah no. 1739. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no. 4897)
Faedah Puasa Senin-Kamis
  1. Beramal pada waktu utama yaitu ketika catatan amal dihadapkan di hadapan Allah.
  2. Kemaslahatan untuk badan dikarenakan ada waktu istirahat setiap pekannya.
Moga Allah mudahkan untuk mengamalkan amalan yang mulia ini.

Senin, 20 Februari 2012

Cerita Orang Kaya Yang Sedikit Bodoh!

Pada suatu hari ada seorang anak laki-laki(anak pejabat). Anak itu pergi ke sebuah mall di daerah G anak itu mencari sepatu dan anak itu membeli sepatu termahal di mall itu seharga Rp. 100.000.000,00 dan anak itu berbicara kepada kasir
Anak laki-laki : Mba, sepatu ini berapa?
Mba kasir : Itu mahal de !
Anak laki-laki : Gak apa-apa biasa ORANG KAYA !!!!!!!
Mba kasir : Yaudah harganya Rp. 100.000.000,00
Anak laki-laki : Ok saya bayar tunai !
Akhirnya anak itu membayar sepatu itu
Anak laki-laki : Mba pake sepatu saya !
Mba kasir : Ia,
Saat mba kasir mau memakaikan sepatu kepada anak itu
Anak laki-laki : Eitz mba gak usah
Mba kasir : Kenapa?
Anak laki-laki : Udah bosen !
Mba kasir : Hah bosen sini mba pasangin lagi
Anak laki-laki : Mba gak usah ! kalo masih pasangin saya bayar 2x lipat dari hari harga sepatunya
Mba kasir : Ok dek mana uangnya ?
Anak laki-laki : Nih !

NB : Bodohkan anak itu masa belum di pake sepatunya udah bosen biasalah ORANG KAYA !!!!!! dan cerita ini cuma gurauan semata

UNTUK CERITA SELANJUTNYA DI LANJUTKAN KAPAN-KAPAN Hahahahah

Cerita ini di ciptakan oleh : Fachrul Asyam dan Yasep Andriantono

Rabu, 15 Februari 2012

All Story Of Indonesia Version English

           Mouse Deer and Crocodile
One day, Mouse Deer went down to the river to take a drink. But he knew that the crocodile might be waiting underwater to eat him, so he said out loud. “I wonder if the water’s warm. I’ll put in my leg and find out.” Of course Mouse Deer didn’t put in his leg. He picked up a stick instead and put one end into the water. Chomp…! Crocodile grabbed the stick and pulled it underwater. Mouse Deer laughed. “Ha… ha…ha… Stupid crocodile! Cant you tell the difference between a stick and a leg?” Then Mouse Deer ran off to drink somewhere else.
In the next day, Mouse Deer wanted to cross the river. He wanted to eat the fruits on the other side of the river. He saw a floating log in the river. He knew that Crocodile looked like a log when he floated. Mouse Deer didn’t want to be eaten by Crocodile when he crosses the river. He had an idea. He called out loud, “Crocodile!” Crocodile rose from the water, “Hello, Mouse Deer. Have you come to be my lunch?” Mouse Deer smiled. “Sorry, not today, Crocodile. I have orders from the King. He wants to invite all the crocodiles in this river to a party. He wants me to count all the crocodiles so he could prepare enough meal for you.”
“Really…? Tell us what to do,” said Crocodile. “You must line up from this side of the river to the other side,” said Mouse Deer. Crocodile then got all his friends and family. They lined up across the river. Mouse Deer then jumped onto Crocodile’s back. “One,” he counted. He jumped onto the next crocodile, “Two.” And the next crocodile, “Three.” Mouse Deer kept jumping until he arrived on the other side of the river. “How many are there?” asked Crocodile. “Just enough,” said Mouse Deer. He laughed as he ran to the forest.***

The Legend Of  Lake Toba
              Once upon a time, there was a fisherman lived in a North Sumatra. Don’t ask me the year, all I know it was a very long time before you were born. When he was fishing in a river, a big fish was nailed. This fish had gold color all over its body. It was beautiful. The fisherman was very excited. He imagined a delicious dinner in his head. He put the fish in his basket and went home happily.
When he got home, he put the fish in a sink. He grabbed a knife to kill the fish. But when he almost killed it, he saw the fish eyes and felt pity. He took the knife away and put the fish in washbasin and added water in it. “Don’t worry, I wouldn’t kill you” the fisherman said.
The fisherman went fishing again. But this time he couldn’t get any fish. He went home with nothing in his hand. His stomach started to sing. He walked home slouching. He was surprised when he saw smoke came out from his kitchen.
“Who cooked in my kitchen?” he confused.
He took a peep and surprised when he saw a beautiful girl cooked in his house. “Why there’s a girl in my kitchen?” he confused.
The fisherman entered the room. “Who are you?” he asked the girl.
“I’m the fish.” The girl said.
The fisherman looked the washbasin and saw nothing in it. “The fish?” he asked incredulous.
“Yes. You didn’t kill me and I’m very thankful. I will return your kindness.” The girl said.
“That’s ok. I didn’t ask any return” the fisherman said.
“But I have to.”The girl insisted.
“Well, I lived alone. I don’t have family. If you want to be my wife, I will be very happy.” The fisherman asked the girl.
The girl smiled and said “I’d love to but you have to promise me that if we have kid you can’t tell him about me.”
And so, the fisherman and the fish girl were married. And then they had a child called Samo. Samo was very naughty. He couldn’t be advisable. He always played and never helped his parents.
One day Samo was asked to deliver lunch to his father. On his way, he met his friends and forgot to deliver his father’s lunch. Samo played with his friends. When he was tired and hungry, he was resting under a tree and ate his father lunch. Meanwhile his father waited him in starve and tired. His father went home and saw Samo played. “Where is my lunch?” he asked.
“Mmm…mm.. I ate it” Samo said afraid.
“Why you ate it?” his father asked.
“Mmm..mm.. I was hungry after playing with my friend” Samo said.
“You were told to deliver my lunch but you didn’t listen.” his father was very furious. “I can’t handle you anymore. You are very naughty. Go away from me. Don’t come home anymore.” His father yelled and evicted Samo from his house.
And this what happened if you can’t control your mouth when you angry. His father said the words that he wouldn’t suppose to say. “You… fish’s son.”
Suddenly, the sky was getting dark. The storm was breaking the ears. The rain felt from the sky like giant hose sprayed water all over the place. And then the water came out from the land and getting harder.
Sumo’s mother was very sad. “I told you don’t tell him about me” she said to her husband. “Now I’m going back to be fish again. Good by” the mother was transformed magically to be gold fish again and disappear through the water. The water was getting higher and drown the village and formed a lake.
Meanwhile, sumo run to the hill and stayed there. The hill then was surrounded by the lake.
Now the lake was known as Toba Lake. Toba came from Tuba word means no mercy. And the hill in the middle called Samosir Island. Samosir means ‘Samo di usir’ or in English : Samo have been evicted.
This is just a legend, there were so many versions of the name’s story. You can’t tell which one is really true. But I heard this version since I was a little girl.

The Story Of Malin Kundang
A long time ago, there liced widow with her only son. They lived in a hut in a vilage near the sea. They were very poor.

Malin Kundang, the son's name, thought, "if I stay here, I won't have a better life. I have to leave this vilage and look for a job."

His mother was sad to hear it. But she knew that Malin Kundang was right. So she let him go.

After her son had left, Malin Kundang's mother went to the beach every day. She hoped her son would return soon. At night she would pray for her son's safety. She would ask the captain of the ship whether he saw her son or not. But she got no news about Malin Kundang.


After years, when she was very old, a captain of a ship told her, "Malin Kundang? I met him some month ago. He is now married to a beautiful girl. She is the daughter of a wealthy man."

Malin Kundang's mother was very happy to hear it.

"Thank you, God!" she prayed. She was sure that Malin Kundang would return home one day.

One morning, a big beautiful ship docked. A young couple stood at the dock. They wore beautiful clothes.

Malin Kundang's mother cried joyfully. "Malin Kundang! My son! You are home!" she hugged the young man.

Malin Kundang did not believe her. He thought,"This can't be my mother! She was a strong woman when I left."

But his wife said angrily,"Why didn't you tell me that your mother is poor and old?" Then she spitted on the old woman.
The old woman cried. She could not believe what she heard.

"Malin, I am your mother." 

But Malin Kundang did not listen. He was embarrassed to have an old mother. So he kicked the old woman yelled at her, "Go away, ugly woman. My mother does not look like you at all."

The woman fell on the ground. She cried. Then she prayed,"My dear God, if he really is my son, punish him."

Suddenly, there was a thunderstorm. Big waves hit the shore with a loud noise. They hit everything from big ships to coconut trees along the shore. The thunderstorm was a fierce one.

The storm died in the morning. But the villagers could see what the storm had done. Not far from the shore, there were rocks that looked like wreckage and the passenger of a ship. People believed that it was Malin Kundang's ship, and Malin Kundang changed into a coral reef. God had punished him

Senin, 13 Februari 2012

10 Trik Ampuh Belajar Matematika




Anda susah mengajar Matematika ? Matematika merupakan pelajaran yang menjadi momok menakutkan bagi siswa maupun bagi seorang guru. Lebih dari 70% siswa tidak lulus akibat dari kurangnya pemahaman mereka tentang konsep yang di ajarkan oleh gurunya. Menurut berbagai sumber maupun tokoh pendidikan, matematika merupakan system kerangka berfikir yang sifatnya terarah dan cepat, hal ini dikaitan dengan menanamkan sebuat pemetaan konsep berfikir yang lebih dominan “merelevansi” cara berfikir mereka dengan sebuah materi ajar matematika itu sendiri. Konsep yang perlu dikembangkan adalah konsep berfikir kritis, oleh karena itu guru hendaknya mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis yang sifatnya membangun kecepatan mereka dalam memproses suatu masalah. Seperti “Apakah kamu mau mencoba ini?” “Apa yang akan terjadi jika…. ?” “Apakah kamu dapat …..?” Pertanyaan pertanyaan tersebut merangsang mereka untuk dapat membiasakan cara berfikir kritis tertanam dalam diri mereka. Selain itu pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap ide-ide, konsep, maupun kosakata dalam pelajaran matematika. Berikut beberapa aktifitas yang dapat anda coba praktikan di dalam kelas Anda:


1. Menggunakan Teknik dramatisasi.. Ajaklah murid-murid Anda berpura-pura (berimajinasi) berada di sebuah bola atau kotak (Kubus/Prisma/balok), merasakan sisi-sisinya, rusuk-rusuknya, sudutnya dan mendramakan secara sederhana materi aritmatika seperti: Tiga katak melompat dalam kolam dsb. Pada dasarnya drama akan membuat mereka merasa lebih rileks, merasa lebih memahami tentang apa yang sebenarnya dia pelajari, mudah mengingatkarena “melihat”, “mendengakan” dengan “melakukan” ada didalam sebuah drama.


2. Menggunakan anggota tubuh mereka sebagai objek belajar. Anda dapat mengajak mereka menunjukkan berapa banyak kaki, mata, jari, dan anggota tubuh lainnya, kemudian menjumlahkannya berdasarkan bagian-bagian serta fungsinya, mengalikan dengan seluruh anggota kelas, dan sebagainya. Ketika diminta untuk menampilkan “tiga tangan,” mereka akan menanggapinya dengan protes keras, dan kemudian menunjukkan berapa banyak tangan yang mereka memiliki dan mereka akan membuktikannya dengan menunjukkan bukti tersebut. Kemudian mengajak anak-anak untuk menampilkan nomor dengan menggunakan jari mereka, misalnya dimulai dengan pertanyaaan sederhana, “Berapa usia Kamu?” Siswa akan menunjukan usia mereka dengan menggunakan jumlah jari mereka. Selain itu guru menampilkan angka menggunakan jarinya (misalnya, menampilkan angka lima dengan tiga jari tangan kiri dan dua jari tangan kanan).


3. Menggunakan permainan sebagai strategi belajar. Melibatkan anak-anak bermain
yang memungkinkan mereka untuk melakukan kegiatan matematika dalam berbagai cara, termasuk pengurutan, menciptakan bentuk simetris dan bangunan, membuat pola, dan sebagainya. Kemudian memperkenalkan permainan jual-beli, diskon, keuntungan, persentase, dsb, atau menunjukkan siswa dengan permainan membeli dan menjual mainan atau benda kecil lainnya, belajar menghitung, aritmatika, dan konsep uang. 


4. Menggunakan mainan sebagai media belajar. Mendorong anak-anak untuk menggunakan “adegan” dan beberapa mainan untuk simulasi kejadian nyata yang pernah mereka alami, seperti tiga mobil di jalan, atau misalnya, untuk menunjukkan ada dua monyet di atas pohon dan dua di atas tanah. 


5. Menggunakan cerita atau dongeng sebagai fungsi perangsang. Pada dasarnya siswa SD adalah masih tergolong anak yang suka bercerita dan menceritakan, salah satu teknik yang dapat anda gunakan yaitu dengan menceritakan sebuah dongeng yang didalamnya terdapat konsep hitung matematika. Anda dapat bercerita dengan mengeksprsikan kejadian yang ada dalam donegeng tersebut agar suasana menjadi lebih menarik, diselingi dengan pertanyaan pertanyaan “pancingan” yang sifatnya menumbuhkan konsep berfikir kritis mereka, dan intonasi suara Anda pada saat kondisi kelas kurang terkendali guna mengembalikan konsentrasi mereka terhadap cerita yang ada bacakan. Anda juga dapat memperagakan khususnya pada bagian konsep hitung matematika yang tujuannya untuk memperjelas konsep matematika itu sendiri.


6. Menggunakan kreativitas/potensi alami anak sebagai pondasi belajar. Menggali ide anak tentang matematika harus didiskusikan bersama dengan anak yang bersangkutan. Misalnya Anda menanyakan kepada seorang siswa yang berumur 6 tahun yang menyukai cokelat: “Nak, coba pikirkan angka terbesar yang kamu tahu, lalu tambah angka itu dengan lima. Bayangkan kamu memiliki coklat sejumlah angka itu”. Apa yang akan kamu lakukan ?. Selain berhitung, dia juga dapat belajar bercerita. Atau misalnya lagi, ada siswa kelas 5 yang suka dengan bermain bola. Disaat itu anda sedang mengenalkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulan, Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti ini misanya : “ Nak, kamu kan suka main bola, seandainya hari ini TIM mu kalah 3 kosong di kandang, agar kamu bisa menang, kamu harus minimal berapa kosong nak? Anak yang suka dan gemar dengan bola, dia akan berfikir dan menjawabnya. Setiap anak memiliki kretifitas yang berbeda, 


7. Menggunakan kemampuan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah sebenarnya adalah hal yang utama, karena dasar tujuan utama belajar matematika adalah agar mereka cepat tanggap terhadap masalah mereka sendiri maupun masalah social yang ada dilingkungan mereka. Mendorong mereka untuk menggunakan jari-jari mereka sendiri atau apapun yang mungkin berguna untuk memecahkan masalah. Misalnya anda dapat menyuguhkan sebuah cerita sehari-hari yang menarik dalam sebuah soal matematika.


8. Menggunakan Lingkungan sebagai media. Bawalah matematika dimanapun meraka berada, diluar, di dalam kelas maupun ketika meraka sedang berada didalam rumah, jika wajah-wajah meraka telah jenuh terhadap semua pembelajaran diatas, maka bawalah meraka untuk belajar diluar, seperti dibawah p[ohon atau tempat tempat yang terasa nyaman digunakan untuk belajar, atau sesekali ajaklah guru kelas lain untuk bertukar ruangan barang sehari atau dua hari saja, lakukan ini ketika meraka tampak jenuh saja, anda juga menggunakan apa yang ada lingkungan sekolah sebagai media, dari menghitung jumlah anak-anak di pagi hari, menghitung meja kursi, meminta anak-anak untuk membersihkan barang dengan jumlah tertentu, atau membersihkan barang yang berbentuk geometris tertentu dsb.


9. Menggunakan teknologi. Cobalah Anda sesekali menampilkan sebuah produk teknologi sebagai media pembelajaran, misalnya menggunakan kamera digital untuk memotret hasil kerja anak, permainan dan aktifitas yang mereka lakukan dalah belajar matematika, dan kemudian menggunakan foto untuk diskusi dengan anak-anak, dan komunikasi dengan orang tua. Gunakan juga teknologi lain, seperti komputer dan proyektor.


10. Gunakan assessment untuk mengukur penilaian anak-anak belajar matematika. Assesment sangat penting, anda tidak akan tau bagaimana perkembangan siswa anda dalam pembelajaran yang anda lakukan jika anda tidak membuat asessmen, bentuk assesmen ini dapat anda sesuaikan dengan materi ajar. Misalnya, menggunakan observasi, diskusi dengan anak-anak, dan kelompok-kecil untuk kegiatan belajar anak-anak tentang materi dan berpikir untuk membuat keputusan tentang apa yang mungkin mereka dapat dari pengalaman belajar mereka . Cobalah menggunakan komputer untuk penilaian menggunakan program secara otomatis, seperti EXCEL atau ACCESS.

Minggu, 12 Februari 2012

7 Penyakit Berbahaya Di dunia


Ada 7 penyakit yang membahayakan yang masih menjadi wabah dunia:

1. Demam Kuning
Demam kuning adalah penyakit virus mematikan yang ditularkan oleh nyamuk. Pemberian nama ini karena pasien yang terinfeksi bisa tampak kuning.

Belum ada obat untuk menyembuhkan demam kuning ini. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan mengurangi gejala-gejala pasien, seperti demam, sakit perut, muntah, serta pendarahan dari mulut, hidung dan mata.

Ada 30.000 kematian akibat demam kuning setiap tahunnya, biasanya paling banyak di daerah tropis. Saat ini, vaksinasi adalah tindakan pencegahan paling penting terhadap demam kuning.

2. Tifus
Tifus masih lazim di negara-negara berkembang, sehingga para wisatawan asing harus divaksinasi terhadapnya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang dibawa ke aliran darah dan saluran pencernaan.

Gejala-gejala tifus seperti demam yang berkelanjutan, lemah, sakit perut, sakit kepala dan hilangnya nafsu makan. Pada beberapa kasus, terdapat ruam dan bintik-bintik merah pada pasein. Demam tifus biasanya diobati dengan antibiotik yang dapat menghilang infeksi selama 2-3 hari.

3. Flu Spanyol
Antara tahun 1918 dan 1919, flu Spanyol telah membunuh 20 hingga 40 juta orang. Ini benar-benar bencana global. Flu mematikan ini menyerang orang usia 20 sampai 40 tahun, dan menginfeksi 28 persen penduduk Amerika.

Gejala flu Spanyol lebih parah daripada flu musiman biasanya. Pasien akan menggigil dan mengalami kelelahan ekstrim, serta terdapat cairan di paru-parunya. Wajah pasien terlihat coklat dan ungu, dan kakinya akan menjadi hitam.

4. Cacar
Cacar muncul dari virus variola ribuan tahun yang lalu, dan World Health Organization (WHO) baru mengeluarkan sertifikat untuk pemberantasan penyakit ini pada tahun 1979, dan sukses melalui kampanye vaksinasi.

Namun penyakit cacar ini telah membunuh sekitar 60 juta orang di Eropa pada abad ke-18. Dan diperkirakan 300-500 juta kematian di seluruh dunia pada abad ke-20 diakibatkan oleh penyakit ini juga.

Efek jangka panjangnya adalah cacat pada kulit, infertilitas, dan kadang-kadang kebutaan. Gejala lainnya seperti demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam.

5. Malaria
Malaria telah membunuh 2 juta orang per tahun dan menyebabkan 400 hingga 900 juta kasus deman setiap tahunnya. Parasit malaria ditularkan oleh nyamuk, dan mereka berkembang biak di sel darah merah.

Gejalanya seperti anemia, demam, mual, dan pada beberapa kasus ekstrim dapat menyebabkan koma hingga kematian. Malaria merupakan permasalahan terbesar di daerah tropik dan subtropik di dunia.

6. Kolera
Kolera menyebabkan delapan wabah sepanjang sejarah, dimulai pada tahun 1817. Penyakit ini berasal dari air kotor Sungai Gangga di India dan meledak selama festival di Calcutta. Penyakit ini berpindah ke bagian India lainnya, dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia melalui air yang terkontaminasi dan juga melalui kotoran korban. Wabah terbaru pada tahun 1947 menyerang 20.500 orang di Mesir.

7. Pes
Penyakit pes yang lebih dikenal dengan "Black Death", merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pesti, paling sering dibawa oleh hewan pengerat dan kutu.

sumber : VivaNews.com

Kunci Sukses Menjadi Seorang Pelajar

Keyakinan diri tak hanya diperlukan oleh orang dewasa, begitu juga anak-anak. Orangtua bisa membantu anak dalam mengembangkan keyakinan dirinya ini.
           Soal keyakinan diri ini dinyatakan Adam Khoo (31), penulis buku I Am Gifted, So Are You! yang selama sekitar lima tahun terakhir memberikan pelatihan motivasi kepada sekitar 20.000 orang. Menurut dia, pembangkit motivasi yang paling dasar adalah keyakinan pada diri sendiri.
Hal itu tak hanya dibutuhkan orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Masalah pada anak-anak terutama, sering kali orang-orang di luar si anak, seperti orangtua dan guru, justru memberikan label negatif kepada mereka.
Kata-kata seperti “malas”, “tidak bisa”, “lemah dalam matematika” dan sebagainya, membuat sugesti negatif bagi anak tersebut. Padahal anak-anak masih memerlukan proses dalam mengembangkan keyakinan dirinya.
Anak-anak, terutama yang sudah bersekolah, umumnya menghadapi berbagai masalah serupa. Mulai dari mudah beralih perhatian, hanya mampu berkonsentrasi dalam rentang waktu singkat, cenderung ceroboh, menganggap guru-guru membosankan, sampai mudah menyerah, dan tidak tertarik pada pelajaran.
Deretan keadaan tersebut masih ditambah lagi dengan kecanduan permainan komputer, televisi, internet, dan perilaku orangtua yang mereka rasakan terlalu menekan.
“Ibu saya pernah bilang, saya mengikuti dia karena memang gennya lemah dalam matematika. Perkataannya itu membuat saya jadi percaya kalau saya memang lemah berhitung,” kata Adam mencontohkan dirinya.
Padahal rasa percaya diri itulah yang harusnya dibangun pertama kali sebagai modal dasar. Untuk itu, setiap orang harus membuat daftar yang isinya semacam pengetahuan tentang keterbatasannya.
Pengetahuan itu bisa diperoleh dari komentar teman, perasaan diri sendiri, pengalaman sebelumnya, dan komentar orangtua atau guru. Setelah itu, selidikilah segala sesuatu yang dipercaya sebagai keterbatasan diri Anda tersebut. Selanjutnya, bantahlah daftar itu!
Proses tersebut membuat kita berbicara dengan diri sendiri. Contohnya, Anda percaya kalau Anda sangat pelupa. Namun anehnya, meski pelupa tetapi Anda bisa mengingat lirik lagu dengan mudah. Nama-nama artis dan film-filmnya juga bisa Anda hafalkan di luar kepala.
Kalau begitu, dari mana datangnya pemikiran bahwa Anda adalah seorang pelupa? Mungkin karena Anda selalu lupa apa yang sudah Anda pelajari pada waktu ujian. Ini bisa terjadi bukan karena Anda pelupa, tetapi sebab teknik menghafal Anda yang tidak cocok, atau topiknya tidak menarik.
Untuk menumbuhkan rasa keyakinan diri, langkah berikutnya adalah tuliskan hal-hal yang akan terjadi kalau kepercayaan yang membatasi ini tetap Anda pegang teguh. Bertanyalah pada diri sendiri, apa saya tidak pernah mendapat nilai baik dalam ujian? Apa saya jadi tidak bisa mendapat universitas yang bagus? Pekerjaan yang baik? Gaji tinggi dan kehidupan yang nyaman?
Hal terakhir adalah mencari pemikiran baru yang bisa melawan kepercayaan lama. Kepercayaan lama yang amat membatasi tersebut. Selain itu, sertakan juga bukti-bukti pendukungnya. Misalnya, saya berpikir kalau saya orang yang bermotivasi. Buktinya, saat akan ikut pertandingan bola basket, saya bisa berlatih selama empat jam sepulang sekolah. Padahal saya telah lelah belajar.
Metode tersebut hanyalah cara awal untuk membangkitkan motivasi, dan melawan pikiran-pikiran negatif yang selama ini membatasi seorang siswa.
Kemudi atas hidupnya
· Ada lima hal yang dipercaya pelajar-pelajar yang sukses. Pertama, mereka bertanggung jawab atas apa yang terjadi dalam hidupnya.
Misalnya, kalau nilai Anda jelek, itu bukan karena guru, tetapi diri Anda sendiri. Pemikiran ini membuat setiap siswa secara sadar mengambil kemudi atas hidupnya sendiri.
Kedua, tidak ada yang namanya kegagalan. Di dunia ini yang ada hanyalah masukan. Setiap orang pasti pernah menjumpai kegagalan. Hanya saja, orang-orang yang sukses selalu menggunakan kegagalan itu sebagai umpan balik atas apa yang sedang dilakukan.
Ketiga, berpikir bahwa kalau orang lain bisa, Anda juga pasti bisa. Alasannya, ukuran otak semua orang sama besarnya. Mereka berhasil, hanya karena mereka bisa menggunakan otaknya dengan strategi yang benar.
Keempat, anggaplah belajar itu sebagai bermain. Anak-anak yang berhasil di sekolah menyukai belajar sama seperti mereka senang bermain. Ini menjadi salah satu kunci keberhasilan. Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan, kalau Anda ingin berhasil.
Kelima, janganlah Anda terpaku pada sesuatu hal, sebab banyak hal yang selalu berubah. Oleh karena itu, jangan kaku untuk menerapkan satu strategi tanpa mau berubah sama sekali. Mereka yang tidak bisa beradaptasi pada hal-hal yang baru, akan tertinggal.
Setelah seorang anak bisa mendapati konsep positif yang dibangun dalam dirinya, selanjutnya adalah menguasai beberapa hal teknis dalam belajar. Setiap orang memiliki metode belajar masing-masing. Akan tetapi, ada beberapa kunci yang harus dipegang seperti kemampuan membaca cepat, kemampuan mengingat, dan memetakan pikiran.
“Masing-masing memiliki metode untuk dipelajari,” kata Adam.
Setiap anak pada akhirnya harus bisa menemukan dirinya untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan. Pertama, tujuan harus jelas. Misalnya, ulangan Matematika saya harus bernilai 10. Saat itu, otak dengan sendirinya punya kesadaran, tak ada satu kesalahan pun yang bisa ditoleransi.
Setelah itu, buatlah jadwal dan laksanakan dengan konsisten. Dengan teknis belajar yang tepat seperti cara belajar cepat dan menghafal efektif, setiap anak selanjutnya siap untuk mengaplikasikan pada berbagai tipe pertanyaan.
Setelah menguji diri sendiri, yakinlah bahwa Anda siap menghadapi ujian sesulit apa pun.
Cara Membaca Efektif
Kemampuan membaca efektif membuat seseorang bisa menghemat waktu belajar. Konon, dari seluruh teks, hanya 20 persen yang benar-benar mengandung informasi yang diperlukan. Sekarang, bagaimana caranya menyaring seluruh teks menjadi 20 persen itu.
Caranya:
1. Kenalilah berapa kecepatan membaca Anda. Untuk membaca dalam bahasa Inggris, 240-360 kata per menit adalah angka rata-rata. Usahakan kecepatan membaca hingga 600-840 kata per menit.
2. Jangan teruskan kebiasaan membaca yang memperlambat seperti bibir yang bergerak, dan suara di kepala yang mengulang apa yang Anda baca. Selain itu, jangan mengulang-ulang membaca kata atau kalimat yang sama karena kurang percaya diri. Ketidakmengertian karena kosa kata yang kurang harus diatasi lebih dahulu. Jangan pula membaca kata per kata, tetapi tangkap informasi secara umum saja.
3. Latihlah mata Anda, sehingga dalam satu penglihatan bisa langsung menyapu enam sampai sepuluh kata.
4. Berlatih dengan menggunakan musik bertempo tinggi. Otomatis, Anda akan membaca secepat tempo musik yang didengar.
5. Coba juga untuk membaca sebuah bab dari belakang ke depan. Alasannya, bagian belakang biasanya berisi kesimpulan. Mengerti kesimpulan akan membantu Anda menangkap hal-hal berarti, ketika Anda membaca seluruh bab.
6. Terus berlatih dan berusaha mencapai kecepatan yang lebih tinggi.